Review Honda Brio, Si Mungil Yang Selalu Unjuk Gigi

24/11/2017 | Mobilmo.com

Meskipun pasar mobil SUV dan MVP tengah marak dalam beberapa waktu belakanga, mobil dengan segmen Low Coast Green Car (LCGC) tetap memiliki marketnya sendiri. Mobil yang dikenal irit bahan bakar serta berharga cukup murah ini memang menjadi solusi bagi mereka yang memiliki budget minim untuk memberi kendaraan roda empat. Menengok adanya potensi yang bisa digali, Honda coba memberikan penawaran melalui Brio.

Sekedar catatan, City Car ini sendiri memang sudah mencuri perhatian pecinta otomotif, khususnya kaum muda sejak awal kemunculannya lima tahun silam. Untuk memberikan pembaharuan sekaligus jawaban bagi kompetitornya, Suzuki Karimun, Honda selaku pabrikan luncurkan kembali Brio dalam wujud New Brio. Lantas bagaimana mobil ini? Silahkan membaca tulisan review Honda Brio di bawah ini.

PENDAHULUAN HONDA BRIO

Sejak memulai debutnya di industri otomotif nasional pada tahun 2012 silam, Brio memang menjadi idola bagi mereka yang mendambakan mobil dengan body minim, irit bahan bakar namun tetap memiliki performa dan sudah barang tentu, berharga terjangkau. Meski saat itu mobil ini berstatus CBU dari negeri gajah, nyatanya hal tersebut tak mengurangi atensi pecinta otomotif akan mobil ini. Melihat besarnya animo konsumen, dua tahun berslelang pasca masuk ke pasar otomotif nasional, Honda selaku pabrikan menginisiasikan untuk merakit mobil ini di tanah air. Tentunya ada berbagai perubahan yang diberikan seperti memperkecil volume mesin (dari Mesin L13 diganti L12). Sebagai gantinya, pabrikan asal Jepang tersebut menyematkan berbagai fitur anyar pada Brio. Dan, momentum Indonesia International Motor Show (IIMS) beberapa waktu lalu dimanfaatkan Honda untuk me-refresh kembali Brio kepada konsumen. Apa saja yang mereka tawarkan di seri terbarunya ini? Berikut ulasannya.

EKSTERIOR HONDA BRIO

  • Desain bagian depan

Melalui sisi terluar, Brio tampil lebih segar berkat tampilan sporty minimalis pada sisi depannya. Hal tersebut dapat dilihat melalui lampu utama multi reflektor berukuran besar yang memancarkan kesan mata yang terbuka lebar. Tak hanya besar, fungsi head lamp ini cukup maksimal saat dipacu di emdan dengan penerangan cahaya yang redup. Di bagian grill, Brio coba tampil agresif dengna menyematkan line beraksen black dope. Tak lupa, logo kebesaran Honda juga ditampilkan di bagian tengah. Sekilas, jika menilik sisi gril, kita akan langsung teringat akan aksen ikat pinggang bukan? Bergerak ke sisi bawah, Brio memiliki bumper yang mengingatkan kita terhadap saudara sekandungnya yakni Honda Mobilio. Karena berukuran lebih kecil dari saudaranya, bentuk bumper juga menyesuaikan dengan lekuk body. Dan, demi memberikan kesan aerodinamis, disematkan lubang-lubang kecil pada sisi bumper. Sebagai pelengkap bagian depan, dibenamkan pula fog lamp berukuran sedang yang siap berikan penerangan maksimal terutama pada malam hari.

  • Desain bagian samping

Bergerak ke bagian samping, Brio nampak begitu menjaga penampilan berkat dua guratan tipis pada bagian handle door dan sisi bagian bawah. Guratan ini juga memberikan kesan dinamis pada sisi samping mobil.  Mempercantik sisi samping, Honda juga memberikan sentuhan lewat velg yang berdesain kekinian. Sementara di bagian belakang, banyak pro kontra yang hadir atas desain yang diberikan Honda. Namun, kami dari mobilmo.com merasa sisi ini justru memancarkan kesan lemah karena tak menggambarkan nilai tambah sama sekali. Meskipun demikian, Honda berusaha mempercantik sisi buritannya dengan memberikan stop lamp bergaya kekinian. Tentu saja, mengandalkan stop lamp di sisi belakang dirasa cukup kurang. Jika diibatatkan, sisi belakang Honda bak sayur tanpa garam, hambar.

INTERIOR HONDA BRIO

Puas menilik sisi luar yang terbilang cukup sporty, kini tiba waktunya untuk menelisik lebih jauh apa yang tersemat pada bagian dalam City Car ini. meskipun mungil, sisi interior dari Brio cukuplah nyaman untuk disinggahi. Kenyamanan sendiri dapat dilihat dengan ruang-ruang yang cukup mumpuni, entah untuk kepala maupun kaki, material yang disediakan hingga beragam fitur yang tersedia di bagian dalam. Untuk lebih lengkapnya, mungkin kita akan membahasnya secara lebih rinci satu per satu.

  • Dashboard

Di sisi dashboard misalnya, terdapat panel instrument yang cukup tertata rapih. Meskipun belum tampil modern, sisi ini masih tetap mampu menunjang kebutuhan entertainment penggunanya seperti mengaktifkan musik kesukaan melalui medium CD maupun MP3/MP4, memasukan data dari ponsel melalui perangkat port USB dan AC. Disamping itu, tak ada hal spesial lain yang tersemat pada bagian dashboardnya.

  • Steering

Bergeser sedikit ke samping, Brio memiliki steering yang dilengkapi denga steering switch audio. Fitur tersebut juga memungkinkan pengemudi mengatur besar kecil volume media player pada lingkar kemudi. Sebagai pelengkap, hadir pula panel speedometer yang bisa dibilang cukup kuno. Mengapa? Pasalnya, speedometer yang tersemat pada Brio hanya memililiki satu dua panel. Satu sebagai penanda jarak tempuh yang dilalui serta panel lainnya yang dibelah setengah untuk melihat performa kendaraan. Honda menyematkan kesan klasik melalui panel ini? Entahlah. Namun dibandingkan dengna kompetitor, apa yang disematkan Brio sudah tentu ketinggalan jaman.

  • Kursi

Sementara pada bagian kursi, Brio coba tawarkan kenyamanan dengan membenamkan material terbaik untuk nyaman diduduki dalam menempuh perjalanan jauh. Bahkan untuk memberikan rasa aman, seluruh seat belt juga sudah disematkan. Hal ini diberikan agar penggunanya dapat merasakan safety apabila mobil mengalami kejadian yang tak diinginkan seperti pengereman mendadak maupun kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja.
  • Desain bagian kargo

Untuk bagian kargo, seperti LCGC pada umumnya, Brio juga tak memiliki ruang yang mumpuni untuk meletakan berbagai barang dengan volume besar. Hal ini mungkin bisa mendapat pemakluman, karena kebanyakan green car memang tak dibekali ruang kargo yang luas.

FITUR HONDA BRIO

Honda Brio hadir dengan berbagai fitur penunjang keselamatan, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Dari sisi keselamatan misalnya, Brio sudah memiliki rangka body G-CON + ACE yang siap memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi dan penumpangnya saat mobil mengalami benturan hebat. Fungsi rangka tersebut memang memungkinkan chasis melakukan peredaman secara maksimal apabila terjadi hal yang tak diinginkan. Selain itu dari sisi lain, Honda juga memberikan standar keamanan yang banyak ditemui pada mobil lain seperti side beam impact, Pedestrian Protection serta Dual SRS Airbag pada sisi depan guna meminimalisir resiko cidera pada kepala dan tubuh penumpang bagian depan saat mobil mengalami kecelakaan. Sementara dari sisi keamanan, Honda dipersenjatai dengan Wave Key yang bisa ditemudi pada semua tipe, Keyless Immoblizer dan Alarm system. Seluruh fitur keamanan tersebut memang sengaja dihadirkan untuk meminimalisir tindak kriminal yang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun.

OPERASI HONDA BRIO

Dari sektor sistem operasi, mobil mungil ini sudah dilengkapi dengan mesin yang cukup mumpuni. Berbekal mesin i-VTEC + DBW 1.2 L SOCH silinder garis, Brio dirasa cukup kredibel untuk melibas berbagai medan di depannya. Mesin dengan kubikasi 1.198 cc ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga  88 PS pada putaran 6.000 RPM dan mampu memuntahkan torsi maksimum hingga 109 Nm pada putaran 4.500 rpm. Dari sisi pembakaran, mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi  Drive by Wire untuk mengontrol buka tutup torsi demi memberikan akselerasi maksimum dan pengiritan bahan bakar. Bahkan, Brio mampu memberikan efisiensi karena sudah lolos emisi standar EURO 4 sehingga membuat Brio didaulat sebagai kendaraan ramah lingkungan. Sebagai penggerak, brio juga sudah dilengkapi dengan transmisi manual dan otomatis yang bisa dipilih oleh konsumen. Keduanya mampu berakselerasi hingga lima percepatan.

SPESIFIKASI HONDA BRIO

Untuk kebutuhan informasi, mobilmo.com telah merangkum berbagai spesifikasi yang tersemat pada Honda Brio. Apa saja itu?

Mesin Honda Brio

Seri mesin i-VTEC + DBW 1.2 L SOCH
Kubikasi 1.198 cc
Tenaga Maksimum 88 PS/6000 rpm
Torsi Maksimum 109 Nm/ 4500 rpm
Transmisi Manual/ Automatic with 5 Speed

Dimensi Honda Brio

P x L x T   3.610 mm x 1.680 mm x 1.485 mm
Jarak Poros Roda   2.345 mm
Tempat Duduk 4 Seats

Kaki-Kaki Honda Brio

Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Suspensi Depan MacPherson strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Sistem Pengereman   ABS+EBD

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN HONDA BRIO

Honda Brio juga memiliki sisi plus minusnya sendiri. Mobil dengan harga kompetitif ini memiliki beberapa faktor yang bisa menjadi acuan bagi konsumen yang hendak membawa pulang mobil ini.
Kelebihan Kekurangan
Mesin bertenaga Fitur interior cukup standar
Irit Bahan Bakar Bagasi terlalu sempit
Fitur keamanan lengkap Kabin kurang kedap

DAFTAR HARGA HONDA BRIO

Mobil dengan segmen LCGC memang terkenal cukup kompetitif harganya. Pun demikian dengan Brio. Lantas, berapa harga mobil ini?

Tipe mobil

Harga Honda Brio

Honda Brio Satya S MT Rp 131 Jutaan
Honda Brio Satya E MT Rp 136 Jutaan
Honda Brio RS MT Rp 160 Jutaan
Dengan harga di bawah 170 jutaan, rasanya Brio cukup kompetitif untuk kaum muda yang ingin memiliki mobil namun tak memiliki kocek terlalu tebal.

VIDEO HONDA BRIO

Bagaimana dengan penampakan mobil ini? mobilmo.com telah mempersiapkan previewnya untuk anda.

KESIMPULAN HONDA BRIO

Honda Brio merupakan Green Car buatan Honda yang memiliki performa mesin cukup maksimal. Honda nampaknya paham betul cara untuk memenangkan persaingan dengan menyematkan mesin terbaik utnuk setiap katalognya, termasuk Brio. Mobil ini sendiri dirasa sangat cocok untuk hadir dan membelah jalan-jalan perkotaan yang didominasi medan berkontur stop and go. Anda tertarik untuk memilikinya? Segera kunjungi dealer Honda terdekat di kota anda untuk mendapatkan si mungil ini.

Review mobil serupa

  • 17/10/2019 | Abdul

    Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

    Kesuksesan yang dituai Honda Brio pada 2012 silam mendorong PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia memperkenalkan Honda Brio Satya pada 2013. Lain dari versi pendahulunya, kendaraan tersebut adalah versi LCGC (Low Cost Green Car) dari city car tersebut. Nah Untuk kali ini kami akan membahas spesifikasi Honda Brio 2015, mari kita simak.

  • 10/07/2019 | Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    Honda Amaze 2019 adalah mobil compact sedan yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2019. Mobil ini menawarkan desain yang menarik dan fitur-fitur yang lengkap. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Honda Amaze 2019

  • 15/04/2019 | Abdul

    Review All New Honda Brio Satya S M/T 2019: Mobil Murah Fitur Keselamatan Mumpuni

    Honda menjadi salah satu pabrikan mobil yang terbilang sukses memasarkan produknya ke seluruh negara di dunia. Di Indonesia sendiri namanya juga telah diakui oleh masyarakat, salah satu produk termurahnya adalah Honda Brio. Pada segmen kali ini Mobilmo.com akan membahas tentang review All New Honda Brio Satya S M/T 2019.