Review Hyundai Santa Fe 2019: Mobil SUV Baru Dengan Fitur Lebih Lengkap

19/02/2019 Abddul Review Hyundai

Mobil SUV merupakan salah satu kendaraan yang cukup diminati, hal tersebut karena dapat melaju di segala medan jalan. Mobil terbaru dalam segmen ini yang ikut meramaikannya adalah Hyundai Santa Fe 2019. Yang mana mobil ini sempat booming karena ikut masuk dalam film Ant Man. Untuk lebih jelasnya mari kita simak Review Hyundai Santa Fe 2019.

1. PENGANTAR HYUNDAI SANTA FE 2019

Review Hyundai Santa Fe 2019 - Mobil terbaru Hyundai dalam segmen SUV ini diperkenalkan pada publik pada bulan Februari lalu di Korea Selatan. Mobil ini juga telah diberikan beberapa fitur terbaru dengan kabin yang cukup lega. Dari segi dimensi ukurannya lebih lebar dibandingkan generasi sebelumnya. Dari segi harga juga menjadi termahal diantara mobil SUV yang dimiliki oleh pabrikan Hyundai. Daripada penasaran, mari kita simak penjelasannya di bawah.

2. EKSTERIOR HYUNDAI SANTA FE 2019

Review Hyundai Santa Fe 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan kanan mobil Hyundai Santa Fe 2019

Hyundai Santa Fe 2019 mobil terbaru dengan fitur mumpuni

Pada bagian depan Hyundai Santa Fe 2019 telah diberikan desain yang baru dan dibuat lebih kekinian sehingga tampak lebih modern. Hal tersebut terlihat di bagian grill nya yang telah dipasangi desain baru dengan ditambahkan lampu LED DRL serta Headlight terpisah. Selain itu bagian bawahnya juga telah diberikan lampu full LED yang dilengkapi dilengkapi dengan projector. Kesan mewah juga lebih terasa saat melihat grill besar dengan logo Hyundai yang menggunakan aksen krom.

Review Hyundai Santa Fe 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Hyundai Santa Fe 2019

Dimensi Hyundai Santa Fe 2019 lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya

Saat melihat di bagian samping akan terlihat kegagahan yang dimiliki oleh Hyundai Santa Fe 2019 ini. Beberapa lekukan diberikan untuk menambah kesan menarik. Selain itu bagian ini juga diberikan door garnish serta Electric folding mirror, side repeater and puddle lamp. Dengan adanya fitur tersebut tentunya kesan modern lebih terpancar. Ditambah lagi untuk pengendara serta penumpangnya juga akan ditawari Panoramic Sunroof with Roof Rack.

Pada bagian handle pintu menggunakan Dark chrome coating outside door handles. Untuk membuat mobil ini lebih keren lagi, dari pihak Hyundai memberikan pilihan velg dengan desain berbeda dan keren yakni velg ukuran 235/60/R18 untuk Tipe GLS dan 235/55/R19 pada Tipe XG.

Review Hyundai Santa Fe 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Hyundai Santa Fe 2019

Bagian belakang memiliki stop lamp dengan konsep desain 3D

Berlanjut ke bagian belakang Hyundai Santa Fe 2019. Yang mana bagian ini telah diberikan stop lamp yang telah menggunakan konsep dengan desain 3D ketika dinyalakan. Jadi ketika dinyalakan seakan-akan terdapat ruang pada rumah lampu yang dimiliki. Fitur eksterior lainnya yang diberikan pada mobil terbaru ini adalah puddle lamp.

>>> Baca Artikel Menarik Lainnya:

3. INTERIOR HYUNDAI SANTA FE 2019

Review Hyundai Santa Fe 2019: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Hyundai Santa Fe 2019

Interior terlihat mewah dan juga minimalis

Selanjutnya masuk ke bagian kabin mobil tepatnya di dashboard. Jadi saat masuk ke dalam akan disuguhkan dengan tampilan yang menarik serta modern. Tampilannya terlihat berbeda dengan dashboard biasa. Penggunaan warnanya juga pas yang menjadikannya terpancar kesan kemewahan. Pada bagian tengahnya terdapat layar serta fitur hiburan lain yang digunakan untuk memanjakan pengendara. Terdapat juga kisi-kisi AC di bagian tengahnya. Untuk kejelasan fitur dari head unit ini kami belum mengetahui dengan lebih jelas. Akan tetapi jika dilihat memang terbilang lengkap, mengingat harganya yang terbilang cukup mahal.

Berlanjut ke bagian kemudi mobil Hyundai Santa Fe 2019. Yang mana bagian ini menggunakan desain Leather wrap tilt - Telescopic steering wheel with audio remocon - Cruise control. Selain itu, ada juga fitur Paddle Shift yang membuat mobil ini lebih sporty dalam hal pengendaraan.

Review Hyundai Santa Fe 2019: Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua Hyundai Santa Fe 2019

Jok mobil lebih nyaman dengan diatur lebih tinggi

Pada bagian kursi tampak akan kemewahan dengan desain yang sangat menarik. Bahan material yang digunakan juga mempunyai kualitas yang baik. Posisi kursinya juga dibuat lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Bahkan  untuk kenyamanan penumpang, untuk baris kedua dan ketiga dibuat lebih luas untuk ruang kaki dengan ukuran 38 mm. Dengan posisi tersebut pandangan menuju ke depan jadi lebih luas. Apabila ingin mengakses baris ketiga tidak perlu repot, karena hanya dengan menekan satu tombol saja maka kursi akan terlipat dan bisa digunakan untuk menuju kursi baris ketiga.

Review Hyundai Santa Fe 2019: Bagian Bagasi Mobil

Gambar ini menunjukkan barang bawaan diletakkan di dalam mobil Hyundai Santa Fe 2019

Jika jok mobil Hyundai Santa Fe 2019 membuat bagasi dapat menjadi lebih luas

Pada bagian bagasi Hyundai Santa Fe 2019 mempunyai ukuran bagasi yang cukup luas. Selain itu di bagian lantainya bisa dibuka dan terdapat beberapa ruang rahasia yang bisa digunakan untuk menempatkan lebih banyak barang. Untuk menambah kapasitas bagasi, kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR HYUNDAI SANTA FE 2019

Review Hyundai Santa Fe 2019: Fitur Keamanan

Tentunya dari pihak konsumen menginginkan mobil yang dimiliki mempunyai keamanan yang lebih agar dapat sampai tujuan dengan selamat. Oleh sebab itu dari pihak Hyundai memberikan beberapa fitur baru seperti Keyles Entry, Electric Driver Seat, Hill Start Assist, 2 Airbags, Electronic Stability Control. Ditambah lagi adanya fitur Downhill Back Control yang membuat pengendara lebih aman saat melintasi jalan yang menurun. Tidak lupa pula teknologi ABS juga diberikan, mengingat fitur ini terbilang wajib untuk kendaraan jaman sekarang dan banyak dicari.

Gambar ini menunjukkan dua airbags yang mengembang pada bagian interior depan Hyundai Santa Fe 2019

Airbags dapat meminimalisir terjadinya cedera parah saat terjadi benturan

Review Hyundai Santa Fe 2019: Fitur Kenyamanan

Berlanjut soal kenyamanan berkendara menggunakan Hyundai Santa Fe 2019. Yang mana dari pihak pabrikan juga tidak main-main dalam hal ini, karena hubungannya adalah dengan kebetahan di dalam mobil dan kesenangan saat berkendara. Dalam hal kemudahan, terdapat tombol Push Start Stop Engine yang memungkinkan pengendara menyalakan dan mematikan mesin hanya dengan menekan tombol saja.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi angin yang keluar dari AC mobil Hyundai Santa Fe 2019

Fitur kenyamanan pada Hyundai Santa Fe 2019 terbilang cukup lengkap

Selain itu, terdapat pula fitur OverHead console LED map lamps with sunglasses case yang memberikan kenyamanan lebih selama perjalanan. Untuk nuansa yang sporty diberikan Paddle shifter yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur transmisi hanya dengan jari tangan saja. Fitur lainnya adalah Driver Power Seat dan di bagian cluster tengah terbilang komplit. Hal tersebut dikarenakan adanya AC Dual Zone yang telah dilengkapi dengan Micro Air Filter Ionizer. Ditambah lagi untuk ventilasi AC yang berada di baris kedua tetap dipertahankan pada mobil ini. Akan tetapi untuk fitur Panoramic Sunroof tidak semua memilikinya, khusus varian XG saja yang diberikan fitur tersebut.

>>> Legenda MU Teddy Sheringham Akui Hyundai H-1 Mobil Berkelas

5. OPERASI HYUNDAI SANTA FE 2019

Gambar ini menunjukkan 2 pilihan mesin pada Hyundai Santa Fe 2019

Salah satu Tipe Hyundai Santa Fe 2019 menggunakan transmisi 8 percepatan

Pada performa Hyundai Santa Fe 2019 mengandalkan 2 pilihan mesin yakni 2.400 cc dan mesin 2.200 cc CRDi dengan tenaga yang besar. Jadi pada mesin 2.4 menggunakan bahan bakar bensin yang terbilang masih sama dengan generasi sebelumnya. Hanya saja untuk varian dieselnya terdapat perbedaan, yang mana dari gigi transmisi yang dipakai naik 2 buah dan menjadi 8. Agar penggunaan bahan bakar lebih efisien, dari pihak Hyundai memberikan Power Steering Electronik yang sudah banyak dipasang di mobil masa kini. Selain itu, terdapat 3 pilihan mode berkendara dengan sensasi yang berbeda yakni Eco, Comfort, Sport, dan Smart.

Dengan mengandalkan mesin 2.4 MPI dapat menghasilkan tenaga sebesar 170 PS dan torsi puncaknya adalah 226 Nm. Sedangkan untuk mesin R2.2 dapat mencapai tenaga 193 Ps dengan torsi maksimalnya adalah 436 Nm. Mobil terbaru dari Hyundai ini mengandalkan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD).

6. SPESIFIKASI HYUNDAI SANTA FE 2019

DIMENSI

Panjang

4.770 mm

Lebar

1.890 mm

Tinggi

1680

Wheelbase

2.765 mm

MESIN

Pilihan Mesin

2.2

2.4

Tipe Mesin

2.2 L Diesel Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC with Turbocharger

2.4 L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC with Naturally Aspirated

Kapasitas

2199 cc

3195 cc

Tenaga

193

170

Torsi

436 Nm

226 Nm

HANDLING DAN SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Velg

235/60/R18 (GLS) & 235/55/R19 (XG)

Nb. Untuk spesifikasi dilansir dari situs resmi Hyundai dan juga beberapa situs terpercaya.

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HYUNDAI SANTA FE 2019

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan Hyundai Santa Fe 2019 mungkin terdapat perbedaan antara pendapat kami dengan sobat semua. Karena selera tiap orang tidaklah sama, nah berikut ini menurut kami yang dimiliki oleh mobil Hyundai terbaru 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur Mumpuni

Eagle Eye View Camera Dan Power Back Door Tidak Diberikan Untuk Pasar Indonesia

Transmisi Mencapai 8 Speed

 

Pilihan Mode Berkendara

 

8. DAFTAR HARGA HYUNDAI SANTA FE 2019

Masalah harga Hyundai Santa Fe 2019 tentunya banyak yang penasaran. Mengingat mobil ini terbilang produk terbaru dan baru saja meluncur. Berikut harga yang dibandrol:

MOBIL

VARIAN

HARGA (OTR)

Hyundai Santa Fe

2.4L MPI GLS

Rp. 504 Juta

Hyundai Santa Fe

2.4L MPI XG

Rp. 525 Juta

Hyundai Santa Fe

2.2L CRDi GLS

Rp. 554 Juta

Hyundai Santa Fe

2.2L CRDi XG

Rp. 574 Juta

9. VIDEO HYUNDAI SANTA FE 2019

10. KESIMPULAN HYUNDAI SANTA FE 2019

Mobil Hyundai Santa Fe 2019 merupakan sebuah mobil SUV dengan desain menarik dan mampu melintasi segala medan. Dengan dimensi lebih besar dibanding generasi sebelumnya membuat kenyamanan lebih dapat dirasakan. Tidak hanya itu saja, beberapa fitur baru telah disematkan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara.

>>> Klik sini untuk baca artikel review mobil lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda Amaze 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    10/07/2019

    Bagaimana jika sebuah Honda Brio diberi tambahan buntut demi bagasi yang lebih luas? Inilah mobil yang kemungkinannya kecil untuk masuk Indonesia namun cukup sukses menggaet pasar pembeli muda di India. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Honda Amaze 2019.

  • Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019
    Review Toyota Arfian Alamsyah

    Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

    08/07/2019

    Meski masih mengandalkan dapur pacu lawas bawaan Camry generasi sebelumnya, namun dengan konsep rancang bangun anyar TNGA, mampukah mobil ini memikat hati kami? Inilah Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

  • Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    04/07/2019

    Kabar baik yang datang dari pihak Mitsubishi, yang mana mobil terbarunya New Triton 2019 baru saja dihadirkan di Indonesia pada tanggal 2 Juli 2019. Tentunya hal ini membuat para konsumen dan masyarakat yang menantikannya merasa bahagia dan ingin segera melihatnya secara langsung. Untuk mengurangi sedikit rasa penasaran sobat semua, kali ini kami berikan informasi tentang Review Mitsubishi New Triton 2019.