Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

25/01/2019 Arfian Alamsyah Review Toyota

PT Toyota Astra Motor memperbaharui amunisi mereka di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan meluncurkan Toyota Avanza generasi terbaru. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019? Berikut ini ulasan lengkap kami mengenai New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019.

1. PENGANTAR TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 - Sejarah Toyota Avanza dengan mesin 1500 cc sebenarnya dimulai pada pada bulan Oktober tahun 2006 lalu. PT Toyota Astra Motor memperkenalkan keluarga baru di jajaran Toyota Avanza, yakni Avanza varian S bermesin 1500 cc dengan pilihan transmisi manual dan otomatis yang menjadi flagship di Avanza. Mesin yang digunakan oleh varian baru ini adalah unit 3SZ-VE berkapasitas 1500 cc VVT-i yang mampu menelurkan tenaga 109 dk di putaran 6000 rpm dan torsi 141 nm pada kitiran 4400 rpm. Model ini diluncurkan sekaligus untuk menggantikan posisi tipe 1.3 S AT. Ada beberapa perbedaan khusus di Avanza termewah ini. Antara lain grill, pelek alloy 15 inchi, radio/tape bertipe dual din, dan bumper depan yang menyatu membentuk aerokit sehingga lebih keren.

Sayangnya enggak semua kabar berhembus dalam posisi yang baik saat itu, karena akibat kondisi ekonomi yang melemah pada tahun 2006 tersebut. Penjualan Toyota Avanza agak sedikit mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya (2005). Tepatnya turun 2.663 unit, yaitu menjadi 52.260 unit dari tahun sebelumnya yang berada di angka 54.893 unit. Namun, tetap saja Toyota Avanza menjadi mobil yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, siapa yang enggak mau ditawarkan sebuah MPV murah, dengan kapasitas 7 penumpang, berdimensi kompak, dan menggendong mesin yang bertenaga lagi hemat bahan bakar.

Garis keturunan akan Toyota Avanza bermesin 1500 cc tersebut tetap dilanjutkan hingga Toyota Avanza lahir generasi keduanya di tahun 2011, namun saat itu tipe S dihilangkan, dan Avanza ‘turun tipe’ ke tipe G. Karena Avanza tipe S diambil alih oleh Avanza Veloz yang merupakan varian tertinggi dari Avanza. Posisi Avanza G bermesin 1500 cc tetap terus ada dan hanya memiliki pilihan transmisi manual 5 percepatan. Sementara jika konsumen menginginkan varian bermemsin 1500 cc dengan girboks ‘bandel’ bikinan Aisin Warner, konsumen diharuskan naik ke varian Veloz. Lalu bagaimana impresi kami mengenai New Toyota Avanza tipe G bermesin 1500 cc M/T terbaru ini? Simak terus ulasan kami mengenai mobil ini hanya di Mobilmo.com, situs terdepan seputar teknik kendaraan.

2. EKSTERIOR TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 berwarna hitam

Headlamp dengan teknologi LED merupakan satu-satunya dikelas Low Multi Purpose Vehicle

Tampilan depan dari New Toyota Avanza ini terinspirasi dari dua produk MPV Toyota yang tergolong laris dan menjadi primadona dikelasnya, yaitu Toyota Vellfire dan Toyota Voxy. Konsep double layer ini menguatkan kesan modern pada New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini. Apalagi untuk penerangan utamanya sudah mengadopsi bohlam berteknologi LED (Light Emitting Diode) yang cahayanya putih dan terang. Namun sayangnya untuk lampu kabut (foglamp) dan lampu kota serta lampu seinnya masih menggunakan bohlam halogen biasa.

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Tampilan Samping

Tampilan samping sebuah New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 berwarna hitam

Tampilan samping New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini masih relatif sama dengan pendahulunya

Satu hal yang patut disayangkan dari tampilan samping New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini adalah tampilannya masih relatif sama saja dengan pendahulunya. Tentunya enggak heran, karena baik dimensi panjang, tinggi, maupun lebar total masih sama saja dengan Toyota Avanza sebelum facelift. Satu hal yang membedakan adalah pengunaan desain pelek yang lebih sporti dan mempunyai spoke berbeda ukuran, hal ini bukan hanya karena desain semata, namun jika Anda perhatikan lebih seksama, kisi pelek yang lebih kecil memiliki kemeringan lebih dalam, hal ini dimaksudkan agar turbulensi udara yang ada pada roda dapat terbuang dan menaikkan nilai aerodinamika dari mobil ini, apalagi hal ini juga didukung dengan penggunaan desain rumah spion yang lebih streamline dalam membelah udara.

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 berwarna hitam

Kekecewaan akan muncul ketika Anda melirik tampilan belakang dari New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini

Ketika Anda melongok ke bagian tampilan belakangnya, ada sedikit rasa kecewa muncul karena nyaris seperti tampilan samping New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 nyaris enggak ada ubahan besar yang berarti. Anda hanya akan disuguhi dengan tampilan pemanis yang konon akan menyegarkan tampilan mata. Seperti desain pemanis lampu belakang yang berupa mata kucing dengan desain senada dengan lampu utama yang mengadopsi gaya dua layer. Serta ornamen pemanis baru di bagian ujung kanan dan kiri bumper belakang yang lebih segar dan sporti. Secara umum, kami dari Mobilmo.com agak kecewa dengan tampilan belakang mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Layout Dasbor

Tampak Layout dasbor New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

Secara umum tampilan atau layout dasbor New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini masih sama dengan pendahulunya

Ketika diperhatikan, sepintas tidak ada ubahan berarti yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor dalam upaya penyegaran tampilan New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini. Namun, jika Anda adalah orang yang jeli seperti tim tester Mobilmo.com. Anda akan menemukan detail-detail baru dan menarik yang ada di mobil ini. Sebut saja panel AC Digital, headunit Kenwood touchscreen dengan kemampuan memutar berbagai sumber musik bahakan koneksi ke smartphone Anda. Serta satu hal menarik yang sempat hilang di Toyota Avanza generasi kedua tahun 2011 adalah slot penyimpanan kartu e-toll card yang sangat fungsional dan berguna.

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Panel Spidometer

Ketika Anda menyalakan mesin, Anda akan langsung disambut dengan tampilan anyar spidometer di New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini. Kini rona berwarna biru berpendar cerah dan menyejukan bagi mata. Sayangnya untuk on board computer mobil ini tidak berubah sama sekali, masih mampu menampilkan jarak sisa yang dapat ditempuh dengan kondisi bahan bakar ditangki, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan juga jam serta odometer. Untuk pengaturan menu di multi information display tersebut juga masih sama saja dengan sebelumnya dengan menekan tuas kecil dibawah MID.

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Pengaturan AC Digital

Tampak Pengatur AC digital di New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

Pengaturan AC digital ini memang belum dilengkapi dengan climate control, namun sudah cukup mencuatkan kesan modern.

Salah satu yang jadi andalan di New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini adalah adanya pengaturan AC digital yang mencuatkan kesan modern. Sepintas, pengaturan AC digital ini mirip dengan kakaknya yaitu All New Toyota Rush dan juga saudara jauhnya yakni All New Daihatsu Sirion yang memiliki satu fungsi tambahan yaitu pengaturan MAX AC dimana katika tombol ini ditekan akan membuat kipas berada diposisi maksimal dan juga temperature ada di posisi yang paling tinggi pula.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Head Unit Touch Screen

New Toyota Avanza kini hampir semua tipenya kecuali tipe E menggunakan premium touch screen headunit yang mampu memutar banyak sumber suara. Head unit dengan bentang layar sekitar 6,5 inchi ini merupakan hasil kerjasama antara pabrikan audio ternama JVC, Kenwood dan Toyota. Head unit ini mampu memproyeksikan mirroring bernama T-Link dari smaprtphone Anda, serta didukung dengan 6 buah speaker yang menunjang hasil reproduksi suara yang baik pada mobil ini. Untunglah hampir semua varian kini sudah dilengkapi dengan tweeter sebagai standar guna mendukung kekuatan suara vokal.

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Jika Anda mencari LMPV yang aman, maka New Toyota Avanza adalah salah satu mobil yang kami rekomendasikan untuk Anda. Karena, bukan hanya safety-nya lengkap karena semua tipe dan varian sudah dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System), Dual SRS Airbag, Seatbelt with pretensioner & force limiter, ISOFIX, side impact beam, serta 3-points seatbelt dan headrest disemua tempat duduk sebagai standar. Namun juga Toyota Avanza sudah dites secara komperhensif di ASEAN NCAP dan mendapatkan rating 4 bintang, yang artinya sama seperti Mitsubishi Xpander yang sempat menjadi "terbaik dikelasnya".

Review New Toyota Avanza 1.5 G MT 2019 : Spion Lipat Otomatis

Kemudahan untuk bermanuver digang sempit, maupun keamanan kaca spion saat parkir kini makin terjamin di New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019. Pasalnya, hampir semua tipe dan varian kecuali Avanza tipe E sudah dilengkapi dengan spion lipat otomatis dan sign signal lamp. Anda hanya perlu melakukan sentuhan ringan pada tombol dibawah kisi AC depan dan secara otomatis spion akan terlipat ketika Anda butuhkan. Sebuah fitur sederhana yang sangat membantu, apalagi ketika Anda hendak melakukan papasan dengan kendararaan lain dijalan yang sempit.

>>> Beberapa Tips Supaya Mobil Toyota Avanza Tidak Limbung

5. OPERASI TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Performa

Secara umum tidak ada yang berbeda dengan performa New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 versi major facelift ini. Mesin dari New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini berputar dengan halus dan suaranya tetap terdengar sayup-sayup masuk ke kabin. Teknologi pada mesin New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini juga cukup canggih, sehingga mesin bekerja secara efisien. Untuk mengangkut beban berat, maupun melahap tanjakan curam, mobil ini mampu melewatinya dengan sangat mudah. Apalagi kaki-kaki dari mobil ini sangat tangguh.

Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 : Pengendalian

Berbicara pengendalian, bisa dibilang sedikit membaik dari model sebelum facelift, hal ini dikarenakan adanya fine tuning pada suspensi depan dan belakang New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini. Kini karet bushing suspensi bagian belakang di bagian atas dan bawah pada New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini baru dan sedikit lebih kuat apabila dibandingkan dengan yang lama, sehingga berakibat pada ayunan bodi yang semakin teredam. Spring rate dari suspensi mobil ini juga sudah diatur ulang, dan disinyalir Toyota berusaha meringankan gardannya agar tercapai kompromi yang ideal antara kenyamanan dengan pengendalian. Apalagi EPS pada New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini sudah disetup ulang agar lebih stabil saat ngebut dan ringan di kecepatan rendah.

>>> Solusi Pada Power Window Toyota Avanza Yang Macet

6. SPESIFIKASI TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

Mesin New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

Seri mesin

2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i

Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Tenaga Maksimum

104 Hp @ 6000 rpm

Torsi Maksimum

136,4 Nm @ 4200 rpm

Kapasitas Silinder

1496 cc

Klaim Top Speed / Realita

No Data / No Data

Transmisi Tipe

5 Percepatan Manual

Rangka New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

Panjang Keseluruhan

4.190 mm

Lebar Keseluruhan

1.660 mm

Tinggi Keseluruhan

1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Kapasitas Tangku

45 liter

Suspensi/Kaki-Kaki New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

Ban

Bridgestone Ecopia 185/70R14

Pelek

Alloy Wheel R14

Power Steering

Electronic Power Steering

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

Kelebihan

Kekurangan

Fitur lebih banyak

Tampilan belakang dan samping tidak banyak berubah

Purna jual Toyota sangat kuat

Rasio gigi masih termask kasar untuk mobil 1500 cc

Durabilitas terjamin

Bentuk tidak semodern Mitsubishi Xpander

8. DAFTAR HARGA TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019?

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA AVANZA 2019

New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

IDR. 221.250.000

New Toyota Avanza 1.3 G M/T 2019

IDR. 208.950.000

New Toyota Avanza 1.3 G A/T 2019

IDR. 219.650.000

New Toyota Avanza 1.3 E M/T 2019

IDR. 191.100.000

New Toyota Avanza 1.3 E A/T 2019

IDR. 202.300.000

*Harga per tanggal 15 Januari 2019

9. VIDEO TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

10. KESIMPULAN TOYOTA AVANZA 1.5 G M/T 2019

New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 yang sedang parkir di depan foto yang indah

Jika Anda mencari LMPV dengan harga terjangkau dan durabilitas sudah terbukti, maka belilah New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini

So, is this car for you? Singkat saja, jika Anda mencari LMPV dengan harga terjangkau dan durabilitas tinggi, maka jangan ragu untuk membeli New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019 ini.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda Amaze 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    10/07/2019

    Bagaimana jika sebuah Honda Brio diberi tambahan buntut demi bagasi yang lebih luas? Inilah mobil yang kemungkinannya kecil untuk masuk Indonesia namun cukup sukses menggaet pasar pembeli muda di India. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Honda Amaze 2019.

  • Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019
    Review Toyota Arfian Alamsyah

    Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

    08/07/2019

    Meski masih mengandalkan dapur pacu lawas bawaan Camry generasi sebelumnya, namun dengan konsep rancang bangun anyar TNGA, mampukah mobil ini memikat hati kami? Inilah Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

  • Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    04/07/2019

    Kabar baik yang datang dari pihak Mitsubishi, yang mana mobil terbarunya New Triton 2019 baru saja dihadirkan di Indonesia pada tanggal 2 Juli 2019. Tentunya hal ini membuat para konsumen dan masyarakat yang menantikannya merasa bahagia dan ingin segera melihatnya secara langsung. Untuk mengurangi sedikit rasa penasaran sobat semua, kali ini kami berikan informasi tentang Review Mitsubishi New Triton 2019.