Review Nissan Qashqai 2019: Fitur Mumpuni Di Kelasnya

21/06/2019 | Abdul

1. PENGANTAR NISSAN QASHQAI 2019

Review Nissan Qashqai 2019 - Mobil ini terkenal dengan nama Dualis kalau di pasar Jepang. Hadirnya mobil ini awalnya pada tahun 2006 dan sempat menggemparkan pasar otomotif di Eropa, meskipun kalau di Indonesia seperti tidak ada kabarnya. Hal tersebut cukup wajar, mengingat masuknya di Tanah Air memakai format CBU (Completely Built Up) dengan melalui IU (Impor Umum). Untuk posisi di Nissan berada diantara Nissan Juke dan X-Trail. Sedangkan jika masuk ke Tanah Air maka akan menjadi rival dari Mazda CX-3, Chevrolet Trax dan juga Hyundai Kona.

Untuk review kali ini berhubungan dengan Nissan Qashqai 2019 merupakan versi Australia. Adapun alasan mengapa pembelian basis produk sering dari Australia adalah dari segi layout  kemudi sama-sama di bagian kanan. Selain itu, posisi dari tuas sein serta wipernya memiliki kemiripan dengan Indonesia. Bahkan sering dari pihak IU melakukan impor produk versi Australia. Hal tersebut dikarenakan negeri tersebut telah mempunyai teknologi yang dapat melakukan perpindahan kemudi dari bagian kiri menuju ke bagian kanan.

2. EKSTERIOR NISSAN QASHQAI 2019

Review Nissan Qashqai 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Nissan Qashqai 2019 tampak bagian depan dan samping kanan

Desain V-Shape terlihat jelas pada mobil ini

Pada bagian depan menggunakan desain V-Shape yang membuatnya terlihat kekar dan juga sangar. Bahkan desain ini seakan telah menjadi ciri khas dari produk keluaran Nissan. Untuk posisi lampu bagian depan depannya mengikuti desain yang digunakan oleh kendaraan SUV kompak dari Nissan ini. Begitu juga dengan grille yang menjadikan tampilannya lebih berkelas, elegan dan tampak sporty. Tidak hanya itu, mobil ini tampak lebih keren dengan adanya sirip kisi yang mempunyai warna brushed metal dengan desain sipit yang letaknya di atas lampu foglamp.

Review Nissan Qashqai 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping kanan dan depan Nissan Qashqai 2019 warna biru

Tampak dari samping mobil ini begitu proporsional

Menuju ke bagian samping Nissan Qashqai 2019. Yang mana tampilannya sangat menarik dengan tampilan yang proporsinya terlihat sangat pas. Seperti dari bagian peleknya yang memiliki ukuran 19 inci yang terdapat khusus pada varian N-TEC dan Ti terlihat pas dengan ukuran bentuk mobil. Ditambah lagi adanya roof rail yang sangat multifungsi seperti untuk dudukan roof box dan dapat menahan beban sampai 50 kg. Garis bodi bagian samping juga tampak halus sehingga sangat nyaman ketika dipandang.

Review Nissan Qashqai 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping kiri Nissan Qashqai 2019

Dilihat dari belakang terlihat sangat berkarakter

Pada bagian belakang dari Nissan Qashqai 2019 tampak modern dan sedap saat dipandang mata. Hal tersebut tampak di bagian lampu belakang LED yang mempunyai desain dinamis. Ketika menyala lampu belakangnya tidak silau meskipun cahaya yang dikeluarkan tampak terang. Ditambah lagi adanya plastik dengan menggunakan warna hitam doff yang berkombinasi dengan kelir warna abu-abu di bagian diffuser yang membuat karakternya semakin kuat sebagai sebuah mobil crossover. Walaupun telah dibekali dengan wiper belakang, tapi sobat tidak perlu khawatir dengan kaca belakang akan berembun. Hal tersebut dikarenakan telah diberikan defogger pada kaca belakangnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR NISSAN QASHQAI 2019

Review Nissan Qashqai 2019: Bagian Layout

Gambar ini menunjukkan interior Nissan Qashqai 2019 tampak kemudi dan head unit di dashboard

Bagian dashboard memiliki fitur yang cukup mumpuni

Sebenarnya jika melihat bagian dalam, kami merasa sedikit kecewa. Hal tersebut dikarenakan desain interior menurut kami terlihat usang. Seperti misalnya di bagian dashboard yang akan mengingatkan dengan mobil X-Trail keluaran tahun 2014. Namun jangan khawatir, karena bagian kemudinya telah didesain flat bottom seperti yang diberikan pada Nissan Micra sehingga tampak lebih modern.

Review Nissan Qashqai 2019: Bagian Jok

Gambar ini menunjukkan jok mobil yang terdapat pada Nissan Qashqai 2019

Jok mobil bapat diduduki oleh 5 orang penumpang dewasa dengan nyaman

Pada bagian jok mobil mampu menampung 5 penumpang dewasa. Akan tetapi untuk desainnya dilakukan bareng NASA sehingga sobat bisa lebih betah saat mendudukinya. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang ergonomis terhadap tubuh pengemudi dan penumpang depan. Bahkan bagian ini tampak mewah berkat bahan material kulit yang diberikan.

Review Nissan Qashqai 2019: Bagian Atap

Gambar ini menunjukkan fitur panoramic roof yang dimiliki Nissan Qashqai 2019

Suasana lebih nyaman dengan fitur panoramic roof

Nissan Qashqai 2019 memiliki atap yang telah dibekali dengan panoramic roof yang membuat penumpang lebih betah di dalamnya terutama bagi anak kecil. Bagian ini bisa dibuka seperti moonroof ataupun sunroof, sehingga dapat menikmati suasana langit selama perjalanan baik saat malam hari, siang hari ataupun saat hujan sekalipun. Hanya saja untuk opsi kaca pada panoramic roof hanya tersedia dalam 2 varian saja yang merupakan tipe tertinggi.

>>> Baca juga:

4. FITUR NISSAN QASHQAI 2019

Review Nissan Qashqai 2019: Fitur Rear Cross Traffic Alert

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur Fitur Rear Cross Traffic Alert pada mobil

Fitur rear cross traffic alert mendukung pengendara dalam pengendalian terutama saat parkir

Pada saat ingin melakukan parkir kewaspadaan perlu ditingkatkan, terlebih lagi parkir mundur. Hal tersebut dikarenakan kadang terdapat pengendara lain baik itu pengendara mobil atau motor tiba-tiba di belakang. Tentunya hal tersebut akan mengagetkan dan beresiko menabrak. Pada mobil Nissan Qashqai bisa membuat lebih tenang pengendara akan hal tersebut berkat adanya fitur Rear Cross Traffic Alert. Untuk cara kerjanya adalah sensor yang berada di ujung kendaraan mendeteksi objek yang berada di dekat kendaraan yang diperkirakan akan membahayakan. Dengan begitu akan disalurkan ke modul dengan sinyal dan memberikan peringatan kepada pengemudi.

Review Nissan Qashqai 2019: Fitur Intelligent Around View Monitor

Gambar ini menunjukkan fitur Fitur Intelligent Around View Monitor pada mobil Nissan Qashqai 2019

Fitur ini sangat mudah dan banyak diminati oleh kaum wanita

Fitur selanjutnya yang terdapat pada Nissan Qashqai 2019 adalah Intelligent Around View Monitor. Yang mana fitur ini dapat membantu pengemudi saat hendak parkir. Jadi cara kerjanya adalah menampilkan menayangkan secara real sekitar kendaraan dengan memanfaatkan 4 kamera yang terdapat pada hidung, bawah spion kanan kiri dan bagian belakang. Bahkan fitur  ini banyak disenangi pengemudi terutama oleh wanita.

Review Nissan Qashqai 2019: Fitur Active Driving Aids

Gambar ini menunjukkan Fitur Active Driving Aids yang dimiliki oleh Nissan Qashqai 2019

Mobil tetap berada pada jalur dapat dibantu oleh fitur ini

Fitur yang satu ini merupakan fitur yang cukup canggih dan banyak diminati. Fungsinya adalah untuk menjaga mobil tetap berada pada jalurnya. Sebagai contoh saat mobil kehilangan traksi ban maka mobil akan ditahan supaya tidak keluar jalur. Cara kerjanya adalah sensor yang terdapat pada mesin, roda akan membaca gerak roda yang butuh pertolongan. Jadi pada saat mobil hendak keluar dari jalur ataupun lepas kendali maka sistem mengambil alih dan melakukan intervensi tenaga mesin sampai setir dan mengembalikannya ke jalur. Dengan begitu berkendara akan lebih aman.

>>> Review Dan Test Drive Nissan Terra 2.5VL 2018, Spesifikasi dan harganya

5. OPERASI NISSAN QASHQAI 2019

Walaupun Nissan Qashqai memiliki dimensi yang cukup imut namun bisa melaju dengan kencang. Bahkan untuk varian mesin turbo diesel dengan kapasitas 1.600 cc yang penjualannya di luar Australia dapat melaju sampai 206 km/jam. Sedangkan untuk yang menggunakan mesin MR20DD dapat melaju sampai 195 km/jam. Prediksi dari kami bahwa kecepatan dari mobil besutan Nissan ini pembatasannya dilakukan secara elektronik.

Gambar ini menunjukkan bagian samping kiri dan depan Nissan Qashqai 2019

Mobil besutan Nissan ini sangat asik dikemudikan

Selain itu prediksi dari pengendalian yang dimiliki lebih nyaman dibandingkan dengan Nissan X-Trail. Hal tersebut dikarenakan bodinya lebih kompak dan mesin yang digunakan mantan nomor 1 best seller SUV di indonesia. Bahkan media luar banyak yang memuji pengendalian dan performa yang dimiliki oleh Nissan Qashqai 2019.

6. SPESIFIKASI NISSAN QASHQAI 2019

DIMENSI

Panjang

4.394  mm

Lebar

1.809 mm

Tinggi

1.595 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

188 mm

Jarak Sumbu Roda

2.646 mm

MESIN

Jenis

MR20DD DOHC 16-valve 4-cylinder

Isi silinder

1.997 cc

Diameter x langkah

79,7 mm x 90,1 mm

Daya maksimum

142,2 dk @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

200 Nm @ 4.400 rpm

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi depan

Independent Strut Suspension

Suspensi belakang

Independent Multi-link Rear Suspension

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

225/45-R19

Transmisi

Xtronic CVT® with Manual Mode Front Wheel Drive

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN QASHQAI 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain keren dengan dimensi yang proporsional

Belum se-nyentrik rival lainnya seperti misalnya Hyundai Kona

Fitur keselamatan cukup lengkap baik aktif maupun pasif

Tenaga mesin dan torsi yang dimiliki masih kurang menggigit dikelasnya (varian bermesin bensin)

Mesin yang dipakai serupa Nissan Xtrail yang sudah terbukti tangguh

Layout interior masih serupa dengan produk Nissan lainnya

8. DAFTAR HARGA NISSAN QASHQAI 2019

Sebenarnya untuk soal harga belum ada informasi yang jelas. Akan tetapi diambil dari beberapa sumber, harga Nissan Qashqai 2019 sekitar £19.995 atau setara dengan Rp 375 jutaan untuk varian terendah. Sedangkan untuk varian tertinggi dibanderol £28.095 yang setara dengan Rp 527 jutaan.

9. VIDEO NISSAN QASHQAI 2019

10. KESIMPULAN NISSAN QASHQAI 2019

Bagi sobat yang sudah mulai bosan dengan tampilan dari Nissan Juke maka tidak ada salahnya melirik mobil ini. Akan tetapi sangat disayangkan karena dari pihak PT. NMI masih belum ada niat untuk memboyongnya ke Indonesia. Alangkah baiknya kita tunggu saja, siapa tahu dari pihak PT. NMI berubah pikiran dan memasukkan Nissan Qashqai 2019 ke Tanah Air.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 06/10/2019 | Franky Pratama

    Review Nissan IMk Concept 2019: Perkenalan Teknologi Canggih Nissan

    “Ultimate Urban Commuter” menjadi nama sandingan dari Nissan IMk Concept 2019. Review kali ini sepertinya akan sangat mengasyikkan, yang mana kita semua akan melihat bagaimana teknologi terbaru ciptaan Nissan. Dari kabar resminya, mobil listrik satu ini sudah dipersenjatai teknologi inovatif. Berikut kita simak review Nissan IMk Concept 2019.

  • 24/08/2019 | Abdul

    Review Nissan Navara Dakar 2019 : Modifikasi Untuk Medan Ekstrim

    Ajang Rally Dakar 2019 rupanya membuat Nissan mengembangkan modifikasi truk di kelas 4x4 ini. Nissan Navara 2019 memang sudah dirilis sejak hampir 1 tahun yang lalu. Perubahan besar di ajang balapan gurun tahunan terbesar di dunia itu tentu akan diusung kedalam versi on the road nya. Nah untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review Nissan Navara Dakar 2019.

  • 23/08/2019 | Fatchur Sag

    Review Nissan Navara 2.5 VL AT 2019

    Nissan Navara 2.5 VL AT 2019 menjadi salah satu mobil off-road pick up andalan Nissan yang diklaim memberikan sensasi mulus selayaknya sedan di jalan aspal. Lantas apa saja kelebihan mobil ini? Simak ulasannya berikut!