Selisih Tipis Januari 2018, Xpander Nyaris Rebut Posisi Avanza

19/02/2018 | Mobilmo.com

Jarak yang begitu dekat dengan selisih tipis jadi sinyal kalau Xpander siap mengkudeta posisi Avanza di segmen low MPV.

Melihat hasil penjualan low MPV dalam negeri di bulan Januari 2018, nampaknya persaingan bakal makin seru. Sang penguasa pasar, Avanza yang selama ini absolut sebagai rajanya MPV akhirnya punya lawan yang sepadan yaitu Mitsubishi Xpander. Jelang kemunculannya di tanah air tahun 2017 lalu, sempat terjadi perang psikologis antara kedua pabrikan, Toyota dan Mitsubishi. Mitsubishi yang kala itu menetapkan target 20 persen merebut pasar low MPV dianggap tidak bakal mampu mencapainya. “Tidak sampai di 20 persen (pencapaian MPV Mitsubishi). Saat ini penguasaan pasar Avanza di angka 44 persen. Kemudian, jika dibantu Sienta yang saat ini sebesar 9 persen, totalnya ada di angka 52-53 persenan,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing Toyota Astra Motor (TAM) kepada salah satu awak media saat dimintai tanggapan target Mitsubishi tersebut, Kamis (23/3/2017) lalu.

XM Concept yang jadi basis Xpander saat dikenalkan di IIMS 2017

Mitsubishi balik menimpali. Trevor Mann, Chief Operating Officer Mitsubishi Motors menuturkan apa yang disampaikan oleh Toyota menandakan sebagai kekhawatiran yang sangat jelas. “Sepertinya Toyota membicarakan Mitsubishi karena mereka khawatir dengan kami. Karena saya sendiri tidak pernah mengatakan sesuatu tentang mereka,” ujar Mann kepada media yang sama, Rabu (26/4/2017). Mann tidak mau banyak bicara dan hanya menyerahkan pada waktu untuk menjawabnya. Awal tahun 2018, Toyota mau tidak mau harus pasang kuda-kuda agar tak dihempaskan oleh Mitsubishi. Avanza yang selama ini jadi andalan Toyota di segmen kendaraan multi guna bawah mulai ditempel oleh Xpander, MPV-nya Mitsubishi yang tahun lalu pernah diragukan bisa mendekat. Penjualan di bulan Januari 2018 punya selisih tipis dan sangat dekat. Toyota membukukan penjualan Avanza sebanyak 7.543 unit, turun 26,87 persen bila dibanding periode yang sama tahun 2017 yang terjual hingga 10.543 unit. Waktu itu belum ada Xpander.

Toyota Avanza

Sementara, penjualan Xpander di bulan Januari 2018 mencapai 7.079 unit (wholesales). Diperkirakan, pada bulan-bulan berikutnya angka ini bakal naik seiring dengan peningkatan kapasitas produksi dan pasokan. Mitsubishi Indonesia mengatakan, bakal memproduksi Xpander hingga 10.000 unit per bulan dari sebelumnya yang hanya 7.000 unit saja. Seperti diberitakan sebelumnya, Mitsubishi bahkan sampai harus menunda ekspor Xpander demi memenuhi permintaan konsumen dalam negeri yang membludak dan terus mengalir. Nah, Toyota tidak bisa lagi bersantai kan dengan Avanza-nya. Toyota harus melakukan sesuatu kalau tidak ingin mahkota low MPV berpindah ke Xpander dalam waktu dekat. Memang masih ada waktu 11 bulan lagi untuk sampai perhitungan akhir. Tapi hasil di awal cukup bisa jadi pertanda kalau pertarungan bakal berlangsung ketat dan seru. Kita tunggu saja.

Xpander yang jadi primadona GIIAS 2017 akhirnya menempel Avanza dengan selisih tipis

Baca :