Kelebihan Sistem Powertrain RWD Pada Mobil

29/03/2018 | Mobilmo.com

Jika melihat Mobil terlihat tampak sama dengan mesin yang sama juga. Padahal terdapat perbedaan yang sangat signifikan ketika tahu ada apa di dalamnya. Salah satu perbedaannya terletak pada bagian powertrain. Sistem ini merupakan kumpulan komponen yang mempunyai peran untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin Mobil menuju roda. Untuk sistem powertrain tersebut terbagi menjadi 3 macam yakni RWD, FWD dan 4WD(AWD).

 Di Indonesia terdapat banyak Mobil dengan menggunakan salah satu sistem tersebut. Mengingat kebutuhan setiap orang berbeda dan pihak produsen mengatur kecocokan antara Mobil yang diproduksi dengan sistem powertrain yang tepat. Dengan begitu dapat menghasilkan Mobil yang tangguh dan sangat digemari oleh masyarakat di Tanah air.

Toyota Avanza menggunakan sistem powertrain RWD

Untuk mengetahui penjelasan tentang 3 sistem tersebut silahkan simak ulasannya di bawah ini.

  1. RWD

RWD merupakan singkatan dari Rear Whell Drive dengan sistem penggerak roda belakang. Jadi Mobil dengan sistem RWD memiliki penggerak roda Mobil pada bagian belakang. Walaupun letak mesinnya ada di depan ataupun belakang, namun roda yang digerakkan oleh mesin adalah roda belakang saja.

  1. FWD

FWD merupakan singkatan dari Front Wheel Drive dengan sistem penggerak roda depan. Untuk Mobil dengan sistem powertrain jenis ini sangat cocok untuk Mobil kategori kecil dengan ruangan yang terbatas. Pada umumnya mesin Mobil dengan sistem FWD letaknya melintang di bawah Mobil.

  1. 4WD/AWD

4WD/AWD merupakan singkatan dari All Wheel Drive dengan sistem penggerak semua roda. Jadi mesin Mobil akan menggerakkan ke empat roda agar dapat mempunyai tenaga yang besar dan mampu melewati segala medan. Biasanya Mobil dengan berpenggerak AWD bertipe SUV yang digunakan untuk touring ataupun melintasi medan yang sulit. Sebagai contoh Mobil yang menggunakan sistem ini adalah Pajero Sport 4x4, Chevrolet Trailblazer dan lainnya.

Sistem Powertrain memiliki 3 macam yakni RWD,FWD dan AWD

>>> Mungkin tertarik, Mengetahui Penyebab Temperatur Mobil Naik Yang Perlu Diwaspadai

Dari ketiga sistem Powertrain di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun tujuannya tetap sama yaitu memanjakan para konsumennya dari berbagai kalangan.

Sebagai contoh adalah Toyota Avanza yang memiliki penggerak roda belakang. Yang dimana MPV tersebut mempunyai karakter mesin yang khas, yang dimana posisinya tegak lurus dengan poros roda dan juga memanjang. Alasan mengapa posisi tersebut dipilih karena perpindahan tenaga yang dilakukan oleh mesin menuju roda cukuplah jauh. Sehingga dengan memanfaatkan hal tersebut membuat tenaga yang dihasilkan lebih maksimal.

Apabila peletakan mesin sejajar dengan poros roda maka perpindahan tenaga yang terjadi sangat tidak efektif. Dengan begitu perpindahan yang jauh tersebut dilakukan oleh poros kopel dengan arah memanjang yang berasal dari output transmisi ditujukan ke bagian differential input.

Sistem powertrain RWD biasanya diletakkan pada Mobil MPV

 Untuk kelebihan sistem penggerak roda belakang atau RWD meliputi:

  1. Mampu menahan beban yang cukup tinggi

Memang dalam perpindahan tenaganya lebih jauh daripada sistem lainnya. namun berkat roda belakang yang digerakkan, maka konstruksi tersebut menghasilkan arah powertrain yang lebih sentral dibandingkan dengan Mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan. Keuntungannya powertrain mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar meskipun sedang membawa beban yang tinggi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

  1. Stabilitas yang baik

Kelebihan lain sistem penggerak roda belakang adalah keseimbangannya yang lebih stabil. Hal tersebut dikarenakan roda bagian belakang tidak membutuhkan FWA atau Front Wheel Alignment. Jadi FWA bisa saja membuat sudut roda tidak stabil antara kiri dan kanan. Dengan begitu maka saat penggeraknya berada pada roda belakang membuat Mobil lebih seimbang dan stabil ketika melaju ataupun membawa beban berat.

  1. Ban depan lebih awet

 Dengan menggunakan sistem powertrain RWD menjadikan ban depan Mobil lebih awet. Sangat berbeda dengan sistem FWD yang memiliki tugas dobel pada ban dapat sehingga lebih cepat habis. Hal tersebut dikarenakan sistem FWD menggunakan ban depan sebagai penggerak Mobil dan juga untuk mengatur Mobil ketika berbelok. Oleh sebab itu tugasnya terdapat 2 sehingga ban depan akan cepat habis dibandingkan dengan Mobil yang menggunakan sistem RWD.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik lainnya

Demikianlah informasi tentang kelebihan sistem Powertrain RWD yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.