Spesifikasi Suzuki Neo Baleno Serta Kelebihan Dan Kekuranganya | Mobilmo.Com
Wednesday , March 29 2017
Home / Berita / Suzuki / Spesifikasi Suzuki Neo Baleno Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

Spesifikasi Suzuki Neo Baleno Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

Suzuki Baleno pertama kali di hadirkan di Indonesia pada tahun 1996. Kehadiranya membuat pasaran sedan Suzuki mulai berkibar di dalam negeri dari yang sebelumnya diisi oleh Toyota Soluna  dan Honda City Exi. Namun sayang, cerita kejayaan baleno kembali meredup setelah Suzuki melakukan rompabakn pada baleno dengan menghadirkan Baleno Next-G yang saat itu berbagi basis dengan Suzuki Aerio.

kekurangan neo ableno

Keseluruhan penjualan Next-G benar benar diluar prediksi Suzuki, hal tersebut dikarenakan para konsumen mulai kurang minat dengan desain yang lebih jelek dari keluaran yang sebelumnya. Body Suzuki Baleno Next-G terlalu bongsor, tinggi serta memiliki bagasi sehinga tidak seperti sedan lagi.

Gagal pada Varian Next-G, Suzuki akhirnya meluncurkan Neo Baleno, namun tidak lagi berbagi platform dengan Suzuki Aerio melainkan dengan Suzuki SX-4. Namun lagi lagi Suzuki membuat desain yang hampir sam dengan pendahulunya, yakni terlalu bongsor serta tinggi. Sehingga kurang proposional untuk sebuah sedan. Mulai saat itu Suzuki kemudian mengabaikan penerus Baleno. Namun belum lama ini Suzuki telah meluncurkan sebuah sedan baru bernama Suzuki Ciaz yang konon sebagai ganti dari Baleno.

Eksterior Suzuki Neo Baleno

Seperti dikatakan sebelumnya Neo Baleno memiliki body yang paling bongsor dikelasnya. Desain bagian depanya mengacu pada Suzuki SX-4  sehingga kita akan lebih sulit membedakannya saat emlihat dari depan. Yang membedakan pada keduanya hanyalah kehadiran bagasi yang dibuat lebih panjang sekitar 350 mm dari SX4 sehingga menyebabkan garis atap Neo Baleno tampak lebih landai.

Meskipun kurang proposional untuk sedan, namun Neo Baleno terbilang cukup menarik dimiliki. Pasalnya, Neo Baleno adalah satu satunya sedan yang memiliki desain mirip crossover meskipun keberadaanya tidak setinggi SX-4. Dengan begitu, Neo Baleno memiliki kemampuan lebih baik ketimbang para rivalnya saat  berjalan pada kondisi jalan yang cukup rusak.

Interior Suzuki Neo Baleno

Ukuran Bongsor juga membuat dampak positif pada interior Neo Baleno. Diantaranya yaitu memiliki ruang kabin yang cukup luas, sehingga mnyisakan ruang lutut dan ruang kepala yang cukup longgar untuk penumpang dewasa.

interior Suzuki neo baleno

Bagian kabin Neo Baleno bernuansa sporty dan elegan. Desain dashboardnya memiliki lekukan yang tegas serta modern seperti halnya SUV. Bebrapa fitur yang terdapat pada dashboard cukup standard dengan penambahan tombol pengatur Audio pada bagian setir.

Dapur Pacu Suzuki Neo Baleno

Mesin yang disematkan pada Neo Baleno adalah M15A 1.5 L yang menghasilkan tenaga maksimum 110 HP pada 6.000 rpm sedangkan torsi maksimumnya adalah 143 Nm pada 4.000 rpm. mesin tersebut memiliki respon yang cukup terasa di putaran bawah. Sehingga dengan begitu sedan ini cukup nyaman jika digunakan didalam kota. Dengan begitu anda tak cukup kerepotan jika ingin menyalip kendaraan didepanya.

Soal konsumsi BBM, Neo Baleno terkenal cukup ekonomis. Sebab mobil ini telah menggunkan sistem Multi Point Injection (MPI) serta Variable Valve Timing (VVT) serta Drive By Wire yang memiliki fungsi mengontrol daya tenaga mesin secara elektrolis tanpa kabel gas. Tenaga kemudian disalurkan ke roda depan dengan sempurna.

Keunggulan Suzuki Neo Baleno

Neo Baleno memiliki handling yang cukup baik sebab memiliki ground cleance yang pendek sehingga dengan otomatis suspensinya memiliki kinerja yang lumayan bagus. Nilai plus lainya adalah Neo Baleno sudah menggunakan teknologi terbaru bernama Vibration and Noise Reduction Measure yaitu teknologi peredam suara yang dibenamkan di seluruh body mobil sehingga seluruh kebisingan dari luar mobil tidak akan masuk ke dalam kabin termasuk suara mesin.

Fitur keamanannya Neo Baleno telah dipersenjatai dual-SRS Airbags, ABS + EBD serta rem cakram di keempat rodanya. Neo Baleno juga sudah menggunakan fitur Keyless entry yang memungkinkan para pengguna untuk membuka pintu tanpa harus memasukkan kunci kedalam lubang kunci terlebih dahulu. Serta fitur immobilizer befungsi untuk kemanan tambahan, dimana mobil tidak bisa dihidupkan apabila kunci belum berada di kabin.

Untuk informasi harga Suzuki Neo Baleno selengkapnya baca disini

Spesifikasi Suzuki Neo Baleno

  • Mesin : 1.5 liter M15A 4 silinder segaris 16 katup DOHC MPFI VVT.
  • Tenaga : 110 HP @6.000 RPM.
  • Torsi  : 143Nm @4.000 RPM.
  • Bore x Stroke : 78 mm x 78 mm.
  • Rasio kompresi : 9.5:1.
  • Konsumsi BBM : 9-11 km/L (dalam kota), 13-15 km/ L (luar kota)
  • Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam.
  • Rival : Honda City, Hyundai Accent dan Toyota Vios Gen2.
  • Tahun penjualan : 2007- pertengahan 2012.

Kelebihan Suzuki Neo Baleno

  • Tenaga responsif.
  • Torsi besar.
  • Suspensi nyaman.
  • Fitur keselamatan lengkap.
  • Sangat kedap dari suara bising dari luar.
  • Suku cadang sama dengan SX4.

Kekurangan Suzuki Neo Baleno

  • Minim fitur hiburan.
  • Model bukan selera bagi masyarakat Indonesia.
  • Handling kurang lincah.
  • Harga jual kembali rendah.

Demikian ulasan tentang spesifikasi Suzuki Neo Baleno serta kelebihan dan kekurangan Neo Baleno semoga bermanfaat untuk para pembaca yang kebetulan sedang mencari informasi lengkap tentang Suzuki Neo Baleno.