Suzuki Siapkan Mega Carry Untuk Angkutan Umum Jenis Baru

29/12/2017 | Mobilmo.com

Mega Carry disiapkan untuk armada angkot jenis baru

Penerapan regulasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai dengan Peraturan Kementerian Perhubungan No. 29 Tahun 2015 menuntut adaptasi para produsen mobil yang unitnya biasa dipakai sebagai angkutan umum. Peraturan yang bakal diterapkan mulai Februari tersebut mengatur tentang standar angkutan umum yang nyaman. Salah satunya kendaraan angkutan umum harus dilengkapi dengan pengatur suhu atau AC dan tempat duduk menghadap ke depan, bukan ke samping.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai salah satu Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan yang unitnya paling banyak digunakan sebagai angkutan umum mengaku menerima dan siap menerapkan aturan tersebut. Jenis angkot dan spesifikasi terbaru sudah disiapkan meliputi ketersediaan AC serta kursi penumpang yang menghadap ke depan (khusus Jakarta). Selama ini Suzuki mengandalkan Carry sebagai produk paling banyak dipilih untuk armada angkutan umum berbagai perusahaan. Untuk kedepan, dengan spesifikasi baru Suzuki bakal mengandalkan model yang memiliki dimensi lebih besar yaitu Mega Carry. Mobil ini memiliki ukuran panjang 4.155 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.865 mm sehingga sangat mungkin untuk dibuat formasi jok ke arah depan.

"Secara dimensi mengakomosir. Tinggal dibuat set tempat duduknya saja. Dan Mega Carry sudah ada varian dengan AC-nya," tutur Harold Donnel, selaku Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS, kepada media, Kamis (28/12/2017). "Kita mendukung keputusan pemerintah. Karena keputusan ini pasti untuk kepentingan masyarakat banyak," tambah Harold. Sebagai tambahan informasi dikutip dari halaman suzuki semarang, Mega Carry pick up menggunakan mesin jenis G15A, isi Slinder 4, In-line dengan jumlah Katup 16 dan jumlah Silinder 1493 cc. Diameter X Langkah 75.0 x 84.5 mm dengan perbandingan Kompresi Daya Maks 92.4 PS/6.000 rpm. Dan momem puntir maks 126 Nm/ 3.000 rpm. Dengan mesin seperti itu Suzuki Mega Carry pick up mudah bila harus menanjak dengan membawa beban berat.

Suzuki Mega Carry pick up mudah dikendalikan juga mudah untuk mengangkut barang tentunya. Kapasitas tempat duduk 2 orang, isi tangki BBM 46 liter, tapi dengan spesifikasi mesin seperti ini maka mobil pickup yang satu ini lebih irit dan sempurna. Kedepan bila memang Mega Carry digunakan sebagai angkutan, tentu formasinya bukan lagi pick up tapi menjadi minibus seperti umumnya mobil penumpang.