Tips Memilih Mobil Tua yang Tangguh di Tanjakan

29/11/2017 | Mobilmo.com

Mobil klasik banyak diburu oleh para konsumen, hal tersebut dikarenakan Mobil tua terkenal akan ketangguhannya. Selain itu Mobil klasik juga banyak digunakan sebagai barang koleksi karena hobi atau faktor lainnya. Tidak hanya itu saja, banyak juga yang membeli Mobil klasik untuk dilakukan modifikasi sehingga menjadikan tampilannya terlihat keren dan menarik. Namun disini akan diberikan informasi tentang tips memilih Mobil tua yang tangguh di tanjakan. Mobil tua atau klasik tidak semuanya tangguh saat melintasi tanjakan. Terdapat pula yang lembek serta tidak memiliki tenaga, entah karena perawatannya yang kurang atau memang mesin yang digunakan kurang tangguh. Memiliki Mobil tua yang tangguh di tanjakan merupakan kelebihan tersendiri bagi pemilik Mobil. Bagaimana tidak, jika Anda tinggal di daerah yang mayoritas jalannya banyak tanjakan serta sering membawa beban berat, memiliki Mobil yang tangguh sangat diperlukan. Oleh sebab itu jangan sembarangan dalam memilih, terlebih dahulu lihat tipsĀ  memilih mobil tua yang tangguh di tanjakan di bawah ini.

  • Memilih mobil dengan mesin 3 silinder
  • Mobil tua yang mempunyai 3 silinder tentunya akan lebih memiliki tenaga, hal tersebut dikarenakan mobil tua tersebut mempunyai 3 piston. Sehingga mesin mobil menghasilakan tenaga yang cukup besar yang menjadikan mobil lebih mudah dalam melintasi medan yang menanjak bahkan untuk dataran tinggi. Jadi bagi anda yang tinggal di daerah yang banyak tanjakan lebih baik membeli mobil tua dengan mesin 3 silinder seperti Daihatsu Zebra atau Charade tua.

  • Memilih mobil dengan penggerak 4 WD atau 4 wheel drive
  • Mobil 4 WD merupakan mobil dengan cara kerja menggunakan roda depan dan belakang. Jika menggunakan system tersebut tentunya lebih tangguh dalam medan yang menanjak. Pada umumnya mobil dengan tipe ini digunakan sebagai bantuan untuk menderek mobil lain yang mengalami mogok di jalan. Jadi memilih mobil tua yang tangguh di tanjakan direkomendasikan yang memiliki penggerak roda depan dan belakang. Salah satu mobil tua yang memiliki system 4 WD adalah Hardtop Tua.
    1. Memilih mobil dengan kapasitas mesin yang besar
    Untuk tips yang terakhir dalam memilih mobil tua yang tangguh di tanjakan adalah memilih mobil klasik dengan mesin yang kapasitasnya besar. Pada umumnya mesin yang memiliki kapasitas besar memiliki 6 silinder atau piston dan juga menggunakan 6 busi. Untuk mobil tua jenis ini sudah tidak diragukan lagi dalam melintasi segala medan, baik itu jalanan rusak ataupun tanjakan. Pada umumnya mobil tua dengan kapasitas mesin yang besar menggunakan 6 silinder diproduksi oleh pabrikan yang berasal dari Australia dan Eropa. Produsen mobil tersebut meliputi Ford, Chevrolet dan Holden. Jadi jika anda inginĀ  mencari mobil tua yang tangguh di tanjakan bisa melihat 4 poin di atas. Jika sudah memenuhi salah satu poin di atas, maka tidak diragukan lagi akan ketangguhannya dalam melintasi tanjakan ataupun turunan.