Tips Mengendarai Mobil Baru Yang Benar

26/01/2018 | Mobilmo.com

Setelah sekian lama menabung dan kemudian telah cukup untuk memboyong Mobil baru tentunya memiliki nuansa tersendiri. Rasa senang berhinggap sampai tidak bisa mengungkapkan kata-kata. Memang kabanyakan orang menginginkan untuk dapat membeli Mobil baru, baik secara kredit ataupun cash. Bahkan untuk memenuhi keinginannya, banyak juga masyarakat dengan membeli Mobil bekas karena budget yang dimiliki masih kurang untuk membeli yang baru. Nah bagi Anda yang baru saja membeli Mobil baru, sebaiknya memperhatikan cara mengendarai Mobil baru dengan benar.

dealer tidak boleh sembarangan. Hal tersebut bertujuan supaya kedepannya Mobil tetap dalam kondisi yang nyaman. Apabila terlalu memaksakan mengendarainya secara tidak benar, bisa menimbulkan rasa agak kurang nyaman kedepannya pada Mobil yang dimiliki. Seperti yang kita tahu, banyak sekali orang yang saking senangnya memiliki Mobil baru langsung memacu mobilnya tidak aturan. Baik itu dari segi kecepatan dan juga dalam hal pengereman serta lainnya. Tidak dipungkiri lagi, hal tersebut dilakukan karena saking senangnya dapat mengendarai Mobil baru yang sudah menjadi miliknya. Daripada penasaran, berikut ini akan diberikan tips mengendarai Mobil baru yang baik dan benar supaya kondisinya tetap terjaga.

  1. Mengemudi dengan halus
Hal pertama yang harus dilakukan saat mengendarai Mobil baru adalah berkendara dengan halus. Jadi saat mengemudi Mobil pertama kali, jangan memaksakan untuk memacu kendaraannya secara tinggi. Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan mesin Mobil bekerja sesuai tugasnya.
  1. Menjaga kinerja rem Mobil
Selanjutnya adalah menjaga kondisi rem. Jadi saat pertama kali Mobil dijalankan pengereman dilakukan dengan halus. Jangan sampai memacu dengan kecepatan tinggi kemudian melakukan pengereman secara mendadak. Jadi pertama kali jalankanlah secara halus dan sewajarnya selama beberapa ratus kilometer terlebih dahulu. Setelah terbiasa Anda bisa memacu kendaraan Anda lebih cepat dan melakukan pengereman lebih keras.
  1. Oli dan cairan pendingin selalu di cek
Untuk Mobil baru biasanya penggunaan oli akan lebih banyak. Jadi ketika Mobil melaju di bawah 8000 km, biasanya suku cadang akan mulai longgar. Akan tetapi tenang, karena setelah beberapa waktu akan kembali normal seperti sedia kala. Memang hal tersebut adalah proses yang terjadi pada komponen Mobil Anda.
  1. Menjaga kecepatan
Selanjutnya dalam mengendarai Mobil baru adalah menjaga kecepatan. Jadi usahakan untuk tidak menegemudikan Mobil Anda dalam kecepatan yang konstan. Untuk waktu berkendara secara santai dan tetap menjaga kecepatan yang stabil adalah selama 1.600 kilometer pertama. Adapun tujuan melakukan hal tersebut adalah untuk membantu kinerja suku cadang agar tetap bekerja maksimal pada kecepatan rendah ataupun tinggi. Kalau bisa dibilang, bahasa umumnya adalah membiasakan Mobil.
  1. Jangan kaget dengan Konsumsi BBM
Pada kilometer awal biasanya penggunaan bahan bakar akan lebih tinggi. Jadi jangan kaget jika pertama kali membeli Mobil namun bahan bakarnya agak boros. Konsumsi BBM akan kembali normal setelah suku cadang dan komponen mesin mulai memanas.