Tips Menghindari Kerusakan Power Steering Mobil Supaya Awet

13/02/2018 | Mobilmo.com

Power steering adalah salah satu komponen pendukung dengan tenaga hidrolik yang mempunyai fungsi untuk meringankan kemudi Mobil. Jadi ketika pengendara memutar kemudinya akan terasa ringan dan mudah dalam pengendaliannya. Pada saat beban stir kemudi berat maka bantuan dari komponen ini akan menetralisirnya sehingga menjadikan kemudi akan lebih ringan dioperasikan. Oleh sebab itulah komponen tersebut perlu perawatan yang ditujukan untuk menghindari kerusakan power steering Mobil. Jika dibandingkan dengan kemudi yang belum menggunakan power steering, perbedaannya akan sangat terasa. Jika Mobil belum menggunakan fitur tersebut pastinya dalam memutar kemudi lebih berat sehingga bisa menguras banyak tenaga ketika melintasi jalanan yang terdapat banyak belokan. Untuk membuktikannya Anda bisa mencoba mengendarai Mobil yang belum dan sudah menggunakan fitur power steering. Pastinya Anda akan memilih yang telah menggunakan fitur tersebut karena lebih nyaman dan juga hemat tenaga ketika melakukan perjalanan jauh sekalipun.

Tidak dipungkiri lagi bahwa pihak produsen mengeluarkan berbagai fitur untuk menambah kenyamanan dan keamanan bagi pengendara dan juga penumpangnya. Oleh sebab itu diciptakannya fitur tersebut untuk menambah kenyamanan dan juga menarik para konsumen agar memilih Mobil keluarannya. Baca juga: Cara Parkir Mundur Mobil untuk Pemula Menghindari kerusakan power steering Mobil memang perlu dilakukan supaya kondisinya tetap normal. Mengingat jika terjadi kerusakan akan membuat setir kemudi menjadi berat dan tidak nyaman. Perlu diketahui, apabila fitur tersebut mengalami kerusakan seperti telah terjadi kebocoran atau terasa berat sebaiknya dilakukan pergantian. Untuk menggantinya tidak disarankan dalam kondisi bekas, karena belum tentu yang second tersebut dapat memberi kenyamanan maksimal. Selain itu jika memaksakan membeli dalam kondisi bekas, bisa saja nantinya akan mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk perbaikan.

Nah di bawah ini akan diberikan informasi tentang tips menghindari kerusakan power steering Mobil supaya tetap nyaman dan awet. - Adapun tips yang pertama untuk menjaga kondisi power steering adalah dengan tidak memutar kemudi ketika kondisi mesin Mobil sedang mati. - Selanjutnya apabila ingin memutar kemudi, pastikan Mobil dalam keadaan berjalan. Hal tersebut berguna untuk mengurangi beban pada kemudi saat diputar. - Tips berikutnya tentang menghindari kerusakan power steering Mobil adalah dengan tidak memutar kemudi terlalu penuh dalam waktu yang lama. Apabila hal tersebut dilakukan bisa menjadikan tekanan yang berada pada sil power steering terlalu kuat dan bisa mengakibatkan kebocoran atau rusak. - Selalu menggunakan minyak power steering yang asli yakni jenis ATF ketika melakukan pergantian ataupun hanya menambahnya saja. - Dalam pemilihan sparepart juga disarankan yang original. Seperti saat melakukan servis, apabila ada yang perlu diganti jangan pilih yang KW. - Adapun tips selanjutnya adalah pada saat mencuci Mobil, sebaiknya memperhatikan sekeliling seperti karet pelindung bagian kanan dan kiri. Apabila terlepas atau robek segera dilakukan pergantian atau perbaikan. - Jangan parkir kendaraan dalam posisi berbelok. - Tips yang terakhir adalah menggunakan ban yang mempunyai tingkat gesekan sedikit. Hal ini dapat menjaga kondisi sil dari tekanan yang dapat membuatnya rusak.

Lihat juga: Cara Mengemudi dalam Kondisi Cuaca Hujan Dengan menghindari kerusakan power steering Mobil dapat menghasilkan umur yang panjang pada komponen tersebut. Mengingat biaya yang harus dikeluarkan ketika terjadi kerusakan atau melakukan pergantian tidak sedikit. Apabila terjadi kerusakan memang dapat membuat panik, karena tidak tahu menahu akan cara perbaikannya. Oleh sebab itulah salah satu jalan supaya power steering dalam kondisi awet dan tahan lama, bisa dilakukan dengan menghindari hal yang dapat membuat power steering mengalami kerusakan.