Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Blow By Gas

23/01/2019 | Arfian Alamsyah

Blow by gas sejatinya adalah peristiwa bahan bakar yang lolos dari ring piston dan masuk kedalam crankcase. Seperti yang kita tahu, ring piston memiliki fungsi untuk menyekat ruang bakar agar tidak terjadi kebocoran kompresi dan juga mencegah bahan bakar masuk ke crankcase tadi. Dalam kondisi baru atau mesin dalam keadaan prima, ring piston tidak akan dapat menyekat 100% kebocoran pada celah piston. Nah, bahan bakar yang lolos dari sekatan ring piston dan masuk kedalam crankcase itu disebut dengan blow by gas.

>>> Ini faktor terbesar yang menjadi penyebab ring piston patah

Tampak Ilustrasi Blow By Gas

Blow by gas yang terlalu besar akan mengakibatkan kondisi oli akan lebih cepat rusak

Meski ring piston dalam keadaan baru tidak dapat menyekat sepenuhnya bahan bakar, namun bukan berarti pemasangan ring piston memiliki toleransi yang besar dalam pemasangannya, karena apabila ring piston tidak dipasang dengan benar, dapat mengakibatkan volume blow by gas yang terlalu besar atau berlebihan. Volume blow by gas yang berlebihan ini berpotensi menurunkan tenaga mesin sekitar 10 hingga 20 Hp. Selain itu blow by gas yang merangsek masuk ke ruang crankcase juga akan mengencerkan dan merusak oli serta dapat menjadi pemicu kerusakan mesin yang lebih parah.

>>> Mengapa putaran mesin stasioner atau idle itu jauh lebih berbahaya bila dibandingkan dengan putaran mesin tinggi?

Tampak Injektor menyemprot piston (direct injevtion)

Mesin direct injection memerlukan ring piston dengan celah yang lebih rapat untuk mencegah blow by gas berlebih

Blow by gas yang berlebih tersebut juga akan meningkatkan emisi kendaraan yang berasal dari crankcase dan juga akan meningkatkan beban pada sistem PCV atau positive crankcase ventilation. Jadi salah satu cara untuk memeriksa kondisi ring piston masih dalam keadaan baik atau tidak adalah dengan mengukur blow by gas. Pada artikel lanjutan, kami akan memaparkan secara rinci cara mengukur blow by gas ideal dan berapa nilai normal blow by gas pada mesin mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik