Toyota Kijang Innova Yang Tetap Eksis Di Tahun 2017

15/10/2017 | Mobilmo.com

Salah satu produk terbaik dan mungkin paling legendaris di pasar otomotif Indonesia adalah Kijang. Toyota Kijang dengan segala varian dan perkembangannya menjadi salah satu produk paling laris dalam sejarah otomotif tanah air. Kijang telah menjelajah jalanan sejak lebih dari 40 tahun lalu sejak era Kijang ‘kotak’ hingga Kijang ‘kapsul’ dan pada tahun 2017 ini Toyota masih meluncurkan generasi baru Kijang Innova. Sebagai cikal bakal produk kendaraan MPV; Kijang memang menawarkan banyak kelebihan dari sisi fungsionalitas. Kini Toyota sepertinya ingin lebih mengedepankan sisi penampilan yang lebih elegan dan fitur yang mewah tanpa mengurangi nilai fungsional Kijang Innova sebuah kendaraan MPV.

Tampilan Eksterior Dan Interior Kijang Innova Label ‘All New’ yang melekat pada Toyota Kijang Innova 2017 ini sepertinya dapat dilihat sejak dari tampilan eksteriornya. Kijang Innova 2017 tampil lebih elegan dan mewah dengan grille baru berwarna krom dan desain bumper yang modern. Bagian samping memperlihatkan kesan kokoh dengan aksen pelindung pintu di bagian tengah dan lekukan mendekati bagian bawah mobil. Tampilan belakang juga memperlihatkan kesan mewah dan elegan; kembali dengan aksen krom dan tata letak lampu baru yang mengarah vertikal dan horizontal.

Aura elegan juga terasa di dalam kabin berkat aksen motif kayu di beberapa tempat dan tata letak panel dashboard yang menarik. Ruang kabin yang lapang dan posisi duduk yang nyaman selalu menjadi keunggulan Kijang Innova. Bangku penumpang yang empuk dengan bahan luar berkelas dan fitur sabuk pengaman di semua bangku semakin menegaskan kesan elegan pada bagian dalam kabin. Ruang bagasi yang cukup luas masih ditambah dengan keberadaan Cargo Net dan Luggage Tray untuk memaksimalkan daya angkut barang bagi mobil berpenumpang 7 orang ini. Spesifikasi Teknis Kijang Innova Ruang kabin yang lapang dan nyaman didapat dari ukuran Kijang Innova yang cukup besar. Dimensi panjang 4.585mm , lebar 1.775mm dan tinggi 1.750 mm memberi jaminan kenyamanan dalam kabin meski diisi oleh 7 orang penumpang. [video width="1280" height="720" mp4="https://mobilmo.com/wp-content/uploads/2017/10/All-New-Toyota-Kijang-Innova.mp4"][/video] Suspensi depan Double Wishbone dengan per koil dan stabilizer pada roda depan dan suspensi 4-Link dengan per koil dan Lateral Rod menjadi jaminan kenyamanan meski mobil melaju di jalan yang kurang rata dengan penumpang penuh. Ground clearance yang cukup tinggi dan ban berukuran 205/65 pada velg R15 semakin mendukung kemampuan Kijang Innova melewati jalan yang kurang rata. Kijang Innova 2017 memiliki 2 pilihan mesin; pilihan pertama berupa mesin bensin 2.0L dan pilihan kedua berupa mesin diesel 2.4L. Mesin bensin dengan kapasitas 1998c c yang digunakan memiliki 4 silinder sejajar dengan 16 katup DOHC dan fitur VVT-i. Mesin tersebut  mampu menghasilkan daya maksimal 136 PS pada putaran mesin 5.600 rpm dan torsi maksimal 18,6 Kgm pada 4.000 rpm.

Sedangkan mesin diesel berkapasitas 2494 cc yang digunakan memiliki 4 silinder segaris dan 16 katup DOHC serta dilengkapi fitur VVT-i. Mesin diesel bertipe D-4D yang merupakan generasi mesin Toyota diesel 4 langkah dengan Direct Injection. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimal 102 PS pada 3.600 rpm dan torsi maksimal 26,5 Kgm pada 2.600 rpm. Fitur Keamanan Dan Kenyamanan Kijang Innova 2017 Fitur keselataman dimulai dari penggunaan rangka Global Outstanding Assesment dengan Side Impact Beam dan Collapse Steering Column. Kelengkapan 2 SRS Airbags melindungi penumpang di bangku depan dan seluruh kursi telah menggunakan sabuk pengaman Pretensioner dengan Force Limiter.

Fitur hiburan yang melekat berupa sistem audio 2 DIN CD dengan emutar musik MP3 dan WMA serta konektivitas dengan perangkat lain melalui terminal USB dan AUX. AC dengan blower di bagian depan dan belakang menjamin kabin terasa sejuk dengan cepat dan merata. Sedangkan monitor 8 inci dilekatkan pada bagian atap pada varian Kijang Innova V dan varian di atasnya.

Harga Kijang Innova 2017 Toyota mematok harga dengan rentang yang cukup lebar untuk setiap varian produk Kijang Innova 2017 ini. Varian Kijang Innova tipe G M/T bermesin bensin merupakan varian termurah dengan banderol Rp 298.7 juta. Sedangkan varian mesin diesel termurah adalah tipe G M/T dengan harga Rp 328.6 juta. Sedangkan varian dengan harga tertinggi untuk tipe mesin bensin adalah Kijang Innova V A/T dengan banderol harga 364.5 juta; sedangkan tipe V M/T diesel dibanderol Rp 378.4 juta.