Andal Di Medan Off-Road, Ini Kelebihan Gardan Model Solid Axle

31/07/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Gardan dengan model solid memang sudah jarang digunakan di mobil keluaran terbaru. Tercatat hanya dua merek saja yang masih setid dengan gardan model ini. Karena andal di medan off-road, ini dia kelebihan gardan model solid axle.

Gardan Solid Axle sudah tidak banyak lagi diaplikasikan pada mobil keluaran terbaru. Tercatat hanya New Suzuki Jimny dan Jeep Wrengler saja yang masih menggunakan gardan jenis ini. Memang gardan mobil jenis solid ini tergolong kuno dan makan tempat lagi berat. Namun, gardan ini sangat andal di medan off-road alias jalan tidak rata. Ini dia kelebihan gardan model solid axle.

>>> Gardan mobil Anda mendengung? Mungkin ini sebabnya

Gambar menunjukkan Suzuki Jimny 2019

Suzuki Jimny 2019 adalah salah satu produk anyar yang masih mengandalkan gardan solid

Kelebihan gardan solid axle adalah kekuatan dan daya tahannya saat disiksa di trek berat. Itu karena bagian gardan menjadi satu kesatuan dengan dudukan as rodanya. Sehingga, ketika mobil dengan gardan model solid axle ini dipaksa untuk melewati trek off-road yang berat dan dengan durasi panjang. Mobil berpenggerak empat roda alias 4WD (Four Wheel Drive) yang pakai gardan jenis ini akan lebih tangguh.

>>> Ini alasan mengapa mobil berpenggerak roda depan lebih boros ban depan

Gambar Menunjukkan Hino Dutro 300 4x4 2019

Tidak hanya mobil saja, truk 4x4 juga menggunakan gardan jenis solid axle agar tangguh saat digunakan

Gardan solid ini tak hanya populer di mobil saja, truk dengan penggunaan di pertambangam dan juga di medan yang rusak parah juga banyak sekali yang menggunakan gardan tips solid axle ini. Salah satu contohnya adalah truk Hino Dutro 300 yang beberapa waktu lalu dipajang di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Jadi itulah kelebihan gardan model solid axle.

>>> Dapatkan tips and trick menarik seputar teknis mobil hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca